Flash News
Diberdayakan oleh Blogger.
Mail Instagram Pinterest RSS
Siapa Romadhon?

Sukses Membantu Desa Talok, KKN-T Prodi PPKn Unikama Diapresiasi

 



Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kajuruhan Malang (Unikama) di Desa Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang menuai apresiasi dari Kepala Desa. Hal ini tampak saat penarikan Mahasiswa KKN-T yang berlangsung di Gedung BumDes Mitra Taloka, Rabu (8/12).

Kegiatan yang juga dihadiri Direktur BumDes dikemas dalam suasana Ngopi Santai bareng BumDes. Dalam obrolan santai, Agus panggilan akrab Kepala Desa mengungkapkan banyak berterima kasih atas program KKN-T, beberapa program banyak membantu kami dalam memberdayakan masyarakat desa melalui BumDes. “Keterlibatan Desa Talok dalam beberapa event juga membawa berkah, kami bisa juara 1 Desa Brillian yang digelar oleh BRI, dan juara 1 Desa Digital yang digelar Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI beberapa minggu lalu”, lanjutnya.


Hal senada diungkapkan, Evan Direktur BumDes yang juga mengapresiasi kegiatan KKN-T di Desa Talok. “program KKN tidak hanya menyasar BumDes, namun progress yang telah dilakukan juga berdampak ke sekolah-sekolah, terutama gagasan sekolah alam. Mereka (sekolah, red) sangat antusias dalam program sekolah alam yang melibatkan 3 SD Negeri dan MI yang ada di Wilayah Desa Talok”, imbuh pria berkacamata.

“Konsep sekolah alam ini guna menginternalisasikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui beberapa kegiatan dialam, seperti kemadirian, gotong royong, dan lainnya”, papar Bagas Ketua Kelompok. KKN-T berlangsung sekitar 2 Bulan dengan berbagai progress yang telah dilaksanakan. “yang menarik juga adalah penelusuran lebih lanjut sejarah Desa Talok, melalui manuskrip yang ada di Desa. Mereka (KKN-T, red) menggali lebih lanjut beberapa situs dan tokoh yang babat alas desa setempat, kemudian dijadikan buku cerita agar bias dipahami oleh generasi muda, terutama pelajar”, tutup pria berblangkon.

E. Kukuh Widijatmoko, SH., M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sangat berterima kasih pada perangkat desa setempat telah memberikan ruang dan waktu untuk menerjemahkan potensi desa melalui beberapa program. Ia juga berharap, beberapa program yang sudah berjalan perlu dikembangkan agar kebermanfaatan bisa dirasakan sepenjang hayat, tak hanya itu, jika ada yang perlu direkomendasikan silahkan disampaikan dalam laporan akhirnya nanti. “kami di Prodi akan terus berkoordinasi baik dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian yang ada di kampus maupun Pemerintah Desa dalam berbagai bentuk kegiatan sebagai wujud implementasi kurikulum MBKM”,terangnya. (Mr. Don’t)

 

 

0 komentar:

Posting Komentar