Flash News
Diberdayakan oleh Blogger.
Mail Instagram Pinterest RSS
Siapa Romadhon?

KKN UNIKAMA JAGA KARAKTER BANGSA MELALUI SHARING DAN OUTDOOR CLASS






Karakter menjadi ujung tombak pembangunan bangsa ke depan. Pembentukan karakter bagi generasi bangsa harus disiapkan sejak dini, termasuk usia sekolah dasar (SD). Tak luput dari perhatian mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (unikama) menggelar Penyuluhan Peduli Karakter Anak (PPKA) Kamis (2/8) yang berlangsung di SDN III Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Kegiatan yang digagas Kelompok I KKN Unikama ini menghadirkan Muhammad Viki Mukadar, SE Direktur Pengembangan Media Kreatif CV. Jaya Muda Mandiri dan Drs. Sidigdo Hidayat, S.Pd.,M.Pd Kepala Biro Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Kota Malang.

‘Kegiatan ini merupakan bekal penting untuk membentuk dan membimbing perilaku dan sikap yang baik sesuai dengan karakter anak bangsa Indonesia’, kata Sunariyah, S.Pd dalam sambutannya. Kepala Sekolah SDN III Mulyoasri ini berharap nilai-nilai karakter tersebut mampu diterapkan oleh anak-anak baik dalam lingkungan rumah maupun sekolah.  Perkembangan anak jaman now cukup cepat, hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang begitu deras, imbuhnya.

Kegiatan yang diikuti 124 siswa dan guru ini dikemas dalam bentuk sharing dan outdoor class agar lebih santai dan menyenangkan, tutur Wakhidah Rizky Maharani Sekretaris Kelompok I. Perempuan yang juga aktif di Resimen Mahasiswa (menwa) menambahkan kegiatan ini akan kami follow up dalam bentuk bimbingan belajar, jadi kami melakukan bimbingan belajar tak hanya pada cakupan materi pelajaran, namun juga memberikan permainan yang mengarah pada pembentukan karakter.

Dalam paparanya, Viki panggilan akrab pemateri pertama menegaskan 3 ukuran pendidikan karakter, yaitu serius dalam kehidupan, pintar beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dan memiliki beragama keahlian. Karena ketiga hal itu sering menjadi problematika dalam kehidupan kita.

Lanjut ia, dalam era digital ini kita harus menjadi manusia berkualitas pintar beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa menimbulkan masalah apapun, tegasnya saat menyampaikan materi.

Sementara itu, Pak Digdo sapaan akrab pemateri kedua mengapresiasi kegiatan ini. ‘saya senang bertemu dan member materi pada anak-anak SD’, tuturnya. Apalagi mereka masih polos dan kental dengan nilai penghormatan sehingga mudah diberi arahan dan dibentuk karakternya, imbuh pria yang juga alumni Unikama ini. Bukan hanya itu, keseruan mengahadapi mereka pun menjadi sensai tersendiri bagi saya, lanjutnya.

Hal Senada disampaikan Romadhon, A.Ma.Pd.,S.Pd.,M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) memberi apresiasi kegiatan yang dilandasi dengan berbagai persoalan yang ditemukan dilapangan sangat tepat untuk dilaksanakan. Lanjutnya, karena ini bagian dari menjawab tantangan arus globalisasi terutama dalam dunia pendidikan. ‘Pendidikan menjadi garda terdepan dalam menyiapkan karakter anak yang ke-Indonesia-an,’ tegas pria asal Sampang.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab berhadiah bagi peserta yang aktif bertanya dengan memiliki semangat yang tinggi. Hadiah komik pelajaran dan tas akhirnya diraih oleh Farel siswa Kelas 6. (mr.dont)

0 komentar:

Posting Komentar