Flash News
Diberdayakan oleh Blogger.
Mail Instagram Pinterest RSS
Siapa Romadhon?

MENJADI PUBLIC SPEAKING YANG EFEKTIF, KAMU PASTI BISA!

 


Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Public Speaking. Seperti yang kita ketahui bahwa Public speaking menjadi salah satu kemampuan penting dalam hidup kita untuk menghadapi berbagai situasi apapun, baik itu di sekolah atau di tempat kerja.  Dalam public speaking, Anda akan dituntut untuk bisa berbicara secara efektif agar penyampaiannya jelas dan sesuai dengan tujuan pembicaraan. Melalui kemampuan public speaking yang baik, seseorang dapat dinilai lebih berkarakter di depan publik. Kunci dari kesuksesan public speaking sendiri bukan hanya perkara berani tampil di depan umum, tetapi juga bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiranmu.

Mungkin jika anda sering merasa kurang percaya diri?  Berikut kami rangkum beberapa tips public speaking bagi pemula yang bisa anda praktikan dimana saja.

 

1. KUASAI MATERI DAN TULISKAN POIN-POIN PENTING

Anda dapat menulis catatan kecil yang hanya berisi poin-poin penting. Selain itu, Anda harus mencoba menetapkan materi yang akan disajikan kepada audiens dan usahakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Karena Menguasai materi pembicaraan juga dapat mengurangi rasa grogi anda ketika tampil didepan audience.

 

2. GUNAKAN BAHASA TUBUH DAN KONTAK MATA

Kontak mata merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking. Anda dapat menggunakan bahasa tubuh, terutama tangan, untuk menekankan materi yang disampaikan.Yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus memperhatikan kontak mata audiens dengan baik. Hal ini digunakan agar Anda dapat mengontrol fokus audiens. Pastikan bahwa gerakan tubuhmu selaras dengan apa yang kamu sampaikan dan hindari gerakan tubuh yang menunjukkan bahwa kamu sedang merasa nervous.

 

3. PAHAMI AUDIENCE DAN LAWAN BICARA

Anda harus berusaha menjaga komunikasi Anda tetap hidup bahkan ketika Anda berbicara di depan banyak orang. Dengan mengenal siapa yang akan kamu beri materi, maka akan terjalin kedekatan antara speaker dan audience. Dengan ini pula, kamu jadi bisa memilih dengan tepat penggunaan kata dan gaya bahasa yang akan dipakai. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan audiens. 

 

4. BICARA SECARA PERLAHAN DAN JELAS

Pembicara yang baik adalah mereka yang mampu membuat pendengarnya atau audiensnya menjadi paham dengan apa yang disampaikan. Bicara dengan tempo perlahan selain membuat audiens lebih mudah memahami apa yang kamu sampaikan juga membantu kamu mengingat poin penting agar tidak terlewat. Coba latih dirimu untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas.

 

5. HINDARI RASA PESIMIS

Perlu diperhatikan bahwa tanamkan rasa optimis anda ketika anda ingin memulai public speaking. Di depan umum, Anda harus menunjukkan kepercayaan diri yang baikm, hal ini akan membantu anda dalam menguasai dan menyampaikan materi yang ingin dibahas secara jelas.

 

6. HINDARI FILLER WORD ATAU KATA PENGISI

Filler word atau kata pengisi adalah kata yang sering digunakan oleh pembicara ketika sedang berpikir atau grogi. Kata-kata tersebut misalnya “hmmm”, “eh”, “aaaa”, dan lain-lain. Jika kata-kata ini keluar, maka tingkat profesionalisme Anda akan menurun. Sekali atau dua kali masih terdengar wajar, namun jika dilakukan berulang-ulang tentu akan menggangu. Jadi, berlatihlah untuk mengurangi kata-kata tersebut. Kamu bisa beri jeda 1 atau 2 detik untuk mengisi kekosongan.

 

7. COBALAH UNTUK BERLATIH DI DEPAN CERMIN 

Teknik agar menjadi lancar dalam public speaking, Anda mungkin bisa melatih diri anda sendiri di depan cermin atau di depan teman anda. Hal ini dapat anda lakukan jika Anda merasa belum siap berbicara di depan umum. Ketika Anda merasa cukup baik untuk berlatih di depan cermin, berlatihlah juga di depan orang lain. Anda dapat mengundang teman dan keluarga untuk menjadi audience Anda.

Sumber: https://fisip.umsu.ac.id/2023/05/04/tips-public-speaking-bagi-pemula/ 

 

0 komentar:

Posting Komentar